Kamis, 07 Februari 2013

Islam Liberal

“BUKU yang ditulis Saudara Zuly Qodir ini, dengan studi pemikiran Islam tahun 1990-an sampai tahun 2002, sebenarnya memberikan gambaran bahwa dari institusi yang sama dengan guru intelektual yang semula sama, akhirnya juga menghadirkan corak intelektual yang beragam. Keragaman pemikiran Islam itulah yang memberikan kekayaan dalam khazanah studi pemikiran Islam Indonesia. Pemikiran Islam Indonesia tidak pernah tunggal dan berhenti pada satu pendulum saja. Dia terus bergerak dan beragam coraknya, sekalipun dikatakan dalam satu kerangka atau karakteristik pemikiran... Saudara Zuly Qodir adalah salah satu representasi generasi muda Muhammadiyah yang oleh kelompoknya sendiri sering dikatakan sebagai “pribadi liberal” dalam batas-batasan tertentu..., bahkan tidak jarang Saudara Zuly Qodir ini ditempatkan sebagai pribadi yang “Muhammadiyah-NU” karena pernah nyantri di PP. Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta.”
Prof. Dr. M. Din Syamsuddin

= = = = =

BUKU yang ada di tangan pembaca ini merupakan karya ilmiah yang coba mengkaji dan memotret gerakan pemikiran Islam dari para intelektual muslim Indonesia generasi baru.
Buku ini juga bisa dikatakan sebagai kajian lanjutan atas beberapa buku sebelumnya yang mengkaji tentang pemikiran Islam Indonesia.
Zuly Qodir memotret gerakan pemikiran di kalangan muslim Indonesia dari rentang waktu tahun 1991 hingga 2002. Pada periode ini generasi muda muslim progresif Indonesia bergerak dinamis dengan gagasan-gagasan barunya yang cemerlang, namun tidak jarang juga kontroversial. Penulis juga memetakan kaum muda muslim progresif generasi baru ini ke dalam beberapa tipologi: liberal-progresif, liberal-eksklusif, liberal-moderat, liberal-radikal, hingga liberal-transformatif.

Judul Buku : ISLAM LIBERAL ; Varian-Varian Liberalisme Islam di Indonesia 1991-2002
Penulis : Dr. Zuly Qodir
Kata Pengantar : Prof. Dr. M. Din Syamsuddin
ISBN 10 : 979-25-5338-X
ISBN 13 : 978-979-25-5338-3
Halaman : xxx + 310 hlm
Kertas / Ukuran : HVS / 14,5 x 21 cm
Cetakan : I, Desember 2010
Katagori : Kajian Keislaman
Penerbit : LKiS Yogyakarta
Harga: Rp. 65.000 - Rp. 30.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar